RSUD Jombang Gelar Talkshow Bersama Dr.Joko Pratomo, Sp.OG Subsp Obginsos




Jombang,patroli-crime.id Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang melalui Hubungan Masyarakat (HUMAS) dengan agenda “Humas RSUD Jombang menyapa”. Dalam acara talkshow Humas RSUD Jombang Menyapa,menghadirkan pembicara dr. Joko Pratomo, SpOG untuk mengidentifikasi diabetus melitus pada kehamilan.

Dalam penjelasannya bahwa diabetes melitus pada ibu hamil sangat rentan terhadap timbulnya masalah pada bayi sejak dalam kandungan sampai dengan lahir dan juga pada ibu hamil tersebut ketika masih hamil sampai dengan setelah melahirkan. Hal-hal yang dapat terjadi pada janin misalnya kelopak berulang, kelahiran prematur, kematian janin dalam kandungan, kelainan bawaan dan gangguan pernafasan sewaktu-waktu setelah lahir. Bahkan bisa terjadi gangguan metabolik setelah itu.
Pada ibu bisa terjadi obesitas, peningkatan tekanan darah, beban jantung yang meningkat, dan memberat ya diabetes setelah melahirkan.

 Maka dari itu, dr Joko mengigatkan "agar melakukan pemeriksaan sebelum hamil untuk mengetahui kesiapan ibu untuk hamil, baik secara klinis maupun psikis. Setelah hamil, sering kontrol ke faskes tingkat satu atau puskesmas untuk mendeteksi kelainan / komplikasi sejak dini".

Masih dr Joko mengatakan sering sering konsultasi ke poli kandungan RSUD Jombang pada jam kerja di hari senin hingga jumat pada jam 07.00 wib hingga 12.00 wib dan tekanan jangan segan segan kolsutasi pada dokter atau faskes tingkat 1 untuk bisa mengetahui dari dini apa yang di menjadi kendala pada waktu persalinan.

Diujung acara dr. Joko Pratomo, SpOG menekankan agar ibu hamil yang menderita diabetes untuk tetap optimis melakukan pemeriksaan kehamilan sehingga secara fisik dan mental siap untuk bersalin tanpa ada kendala sedikit pun"ujarnya". (yanto/erik) 

Posting Komentar

0 Komentar